Senin, 15 April 2013

"HANDSHAKE" DIRIMU BIAR NGGAK TERGODA BOCORAN UN


Foto: Alvinpenulis: Sobri Hai
Sejak Ujian Nasional (UN) 2013 dijadikan penentu masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), pastinya banyak teman-teman pelajar yang sedang fokus mengejar kelulusan UN dengan level nilai terbaik.
Kabarnya ada sebagian teman kita yang mencari-cari jalan pintas dengan membeli bocoran kunci jawaban, atau soal-soal UN yang tepat sesuai dengan kode yang diinginkan. Ada yang patungan, ada juga yang belanja kunci jawaban dengan kocek sendiri. Dan karena nilai UN jadi penentu masuk PTN, harga kunci jawaban UN pun katanya semakin mahal. Apalagi mendekati hari H ujian seperti ini. Tapi apakah itu satu-satunya cara mulus menyongsong pintu masa depan kita?
Menanggapi maraknya bocoran UN jelang hari H ini, Retno Listiary selaku Sekjen Forum Silaturahmi Guru Indonesia (FSGI) menyarankan kepada para pelajar Indonesia untuk nggak tergoda dengan bocoran soal, jawaban, atau apapun itu, kecuali kisi-kisi resmi dari Kementerian Pendidikan.
"Anak-anakku, kita harus belajar tanpa tekanan, hadapilah UN dengan rileks," kata Retno yang juga mengajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, ia juga mengajarkan anti korupsi kepada murid-muridnya di salah satu SMA di Jakarta Utara.
"Yang penting perbanyak baca soal-soal yang lalu, dan cari jawabannya. Sendiri atau diskusi dengan teman dan guru kita. Nggak usah tegang, kan cuma jawaban pilihan ganda, nggak diperlukan nalar kok. Kalau hati dan pikiran sudah rileks, maka otak kita akan bekerja lebih baik," katanya lagi dengan lembut.
Guru yang sesungguhnya nggak setuju dengan sistem pendidikan nasional yang menggelar UN ini, walau bagaimana pun akhirnya tetap membantu pelajar untuk tetap berkonsentrasi mempersiapkan diri hadapi ujian.
"Kalau sudah persiapkan diri dengan baik, maka nggak perlu tergoda membeli kunci jawaban soal. Kuatkan hati, jabat tangan sendiri (handshake), berjanji untuk tetap mengedepankan kejujuran," ucapnya lagi penuh kasih sayang. Ia nggak mau kalau hasil ketidakjujuran kita bakal menghantui prestasi dan masa depan kita nanti. Jadi, teguhkan hati kita.
Terus kalau ada yang menawarkan jawaban soal bagaimana bunda? Kita kan masih labil dan mudah tergoda?
"Tentu saja pasti ada yang tergoda jika memang ada seseorang atau banyak orang menawarkan kunci jawaban. Tentu tidak gratis. Apalagi UN tahun ini kan juga jadi penentu masuk PTN, pasti harga kunci jwban makin mahal. Tapi bukan itu intinya, percayalah dengan belajar yang baik, kepercayaan diri akan timbul dan nggak mudah tergoda ditawari kunci jawaban yang kadang menggiurkan," pungkasnya lagi tetap menginginkan UN berjalan dengan lancar dan khidmat.
Ayo bersungguh-sungguh, dan handshake dirimu untuk teguh terhadap kejujuran UN. Dan nggak tergoda hal-hal begituan. "Ganbatte Kudasai" begitu kata member JKT48. Semangat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar